Minggu, 25 Januari 2009

Aqiqah

Seminggu sudah aku di dunia ini, ternyata dunia lebih dingin yah daripada di perut ibu.. Makanya tiap hari aku harus pke minyak telon + bedak + gurita dan terakhir di gedong supaya badanku terasa hangat.
Tujuh hari berarti sudah saatnya aku di Aqiqah, kata bapak Aqiqah adalah memotong rambut anak yang baru lahir dan memotong hewan kurban(kambing) untuk laki-laki 2 ekor dan wanita 1 ekor kambing.

Cukur rambut dikit

Om dan tante qila

Begini lengkapnya (sumber:rumahaqiqah.org)
Kata Aqiqah berasal dari kata Al-Aqqu yang berarti memotong (Al-Qoth'u). Al-Ashmu'i berpendapat: Aqiqah asalnya adalah rambut di kepala anak yang baru lahir. Kambing yang dipotong disebut aqiqah karena rambut anak tersebut dipotong ketika kambing itu disembelih.

Dalam pelaksanaan aqiqah disunahkan untuk memotong dua ekor kambing yang seimbang untuk anak laki-laki dan satu ekor untuk anak perempuan.

Dari Ummi Kurz Al-Kabiyyah Ra, ia berkata: Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: "Bagi anak laki-laki dua ekor kambing yang sama, sedangkan bagi anak perempuan satu ekor kambing". (HR. Tirmidzy dan Ahmad)

Hari sabtu semua saudara2 sudah berkumpul di rumah, ada om riki, tante mira, om nanda dan om dika.. Eyang sala3, Eyang Joko dan eyang2 yang lain, banyak bgt degh. Oiya.. eyang buyut teras & ngawi juga dateng, seruuu bgt.

Jam setengah 6 sore acara dimulai, bapak memperkenalkan aku.. nama lengkapku, arti namaku dan harapan2 beliau.. setelah itu eyang kakung membacakan doa aqiqah kemudia diteruskan potong rambutku oleh eyang2 yang lain secara bergantian. Habis acara potong rambut dilanjutkan shalat magrib berjamaah dan makan bersama, Oiyaa bpk+ibu ngurus aqiqah qila di Rumah Aqiqah , jadi kambing udah di pilihin, dimasak dan dianter siap makan. Simple khan ga ribet :)

0 komentar:

Posting Komentar